Sindir Agama, Malaysia Larang Bermain Game Figth of Gods

Belum ada satu minggu diluncurkan, game yang bernama Figth of Gods mengundang kontroversial. Sesuai dengan namanya, bahwa game yang satu ini menampilkan pertarungan antara tuhan dengan tuhan. Dengan hal tersebut menjadikan banyak negara geram. Salah satunya pada negara Malaysia.

Seperti informasi yang beredar, bahwa game Fight of Gods tersebut merupakan game berjenis fighting. Namun game sesuai dengan namanya, game ini menampilkan pertarungan antar “Tuhan” yang salah satu karakternya menampilkan Jesus yang melawan Budha, hal ini jelas membuat masyarakat Malaysia sangat sensitif. Bahkan para petarungnya berwujudkan nabi, dewa, dan Tuhan dari sejumlah agama seperti Nabi Musa, Yesus, Odin, Buddha, Moses, Anubis, Amaterasu, Zeus, Athena, Sif, Guang Gon dan lain-lain.

Sebagai bentuk protes, pemerintah Malaysia secara cepat langsung melakukan tindakan dengan memblokir akses Steam di Negeri Jiran tersebut. Pemblokiran tersebut dilakukan oleh Malaysia Communication and Multimedia Commission (MCMC) yang dikarenakan tidak adanya respon dari sejumlah pulisher tentang game tersebut.

Tindakan pemerintah Malaysia

Apabila permintaan tersebut tidak bisa dipenuhi, maka akan diberi tindak lanjut mengenai hal tersebut. Menteri Malaysia’s Communication and Multimedia Commission Malaysia mengatakan bahwa itu merupakan masalah besar yang bisa menganggu persatuan serta keharmonisan antar ras dan juga mendegradasi agama serta pemimpinnya.

“Memang tindakan tersebut sangat diperlukan yang bertujuan agar dapat melindungi penggunnya dan juga mencegah sejumlah peristiwa yang tidak diinginkan oleh pemerintah. Dengan memastikan solidaritasm harmoni dan kesejahteraan masyarakat yang multi ras serta multi agama dinegara ini ialah tujuan utama dari pemerintah. Pemerintah juga tidak akan memberikan kompromi mengenai tindakan apapun yang dapat membahayakan dari game ini,” papar Salleh Said Keruak, selaku Miniester of Communication and Multimedia Commission Malaysia yang dilansir dari Ubergizmo.

Dirinya menambahkan bahwa akan ada langkah yang dilakukan untuk melindungi publik. “Rakyat Malaysia sangat menghormati sensitivitas agama dan budaya, serta peredaran permainan yang sensitif juga bakal diberhentikan,” imbuh Saleh.

Valve, selaku pemilik Steam juga tidak ingin malasah ini semakin menjadi-jadi. Kemudian akhirnya Valve,  memutuskan untuk menghapus game Fight of Gods tersebut dari Steam Regional Malaysia. Selanjutnya Valve yang diwakili oleh Doug Lombardi tersebut telah mengklaim bahwa dirinya sudah menghubungi developer untuk membahasnya.

“Kami telah mengubungi pihak developer dan menghapus penjualan game tersebut, serta kami akan menghubungi pemerintah Malaysia agar membuka blokir game itu. Kami mohon maaf atas kesalahan kami dan juga ketidaknyaman ini,” kata Doug Lombardi.

Sementara itu dengan publisher game yakni PQube juga telah menyangkal bahwa pihaknya sama sekali tidak menerima teguran dari pemerintah Malaysia. Game Fight of Gods ini merupakan game 2D fighting game, yang mana game ini mempertemkan gods, holy spirits, dan mythological charachter dari berbagai sejarah di seluruh dunia.

Berikut Spesifikasi PC Fight of Gods.

Spesifikasi Minimum Fight of Gods

  • OS       : Windows 7
  • CPU    : Intel Core i5-4460
  • GPU   : NVIDIA GeForce GTX 750
  • RAM  : 1 GB
  • HDD   : 3 GB

Spesifikasi Recommended Fight of Gods

  • OS       : Windows 10
  • CPU    : Intel Core i7-4790
  • GPU   : NVIDIA GeForce GTX 960
  • RAM  : 3 GB
  • HDD   : 3 GB

Harga Fight of Gods

Fight of Gods tersedia dengan harga Rp 70.000 via Steam.