Sering Ngecharge HP? Berikut 8 Cara Untuk Menghemat Baterai Android

Salah satu kendala yang begitu sering dialami oleh para pengguna Android adalah daya baterai yang cepat habis. Namun siapa yang mengira, bahwa ternyata ada beberapa cara untuk menghemat baterai Android yang bisa kita lakukan.

Dibawah ini adalah 8 cara yang bisa kamu gunakan dalam menghemat daya baterai Android kamu.

  1. Rajin Update Aplikasi

Salah satu alasan kenapa kok para developer sering melakukan perbaruan aplikasi yang mereka buat adalah guna untuk bisa mengoptimalkan pemakaian memori dan juga baterai di smartphone Android kamu. Jadi, jika aplikasi sering diperbarui maka baterai yang dikonsumsi oleh aplikasi akan menjadi sedikit.

  1. Aplikasi Berjalan

Multitask atau membuka banyak tab aplikasi Android dalam waktu yang bersamaan merupakan salah satu kebiasaan dari para pengguna Android. Jangan lakukan itu, selain memakan kapasitas RAM hal seperti itu juga akan memberi efek pada baterai.

  1. Gunakan Greenify

Untuk usaha menghemat baterai Android salah satu cara yang paling efektif adalah dengan menggunakan aplikasi Geenify. Aplikasi Greenify ini mampu membuat beberapa aplikasi lain bisa memasuki mode hibernasi, jadi aplikasi di Android yang tidak kamu pakai tidak akan berjalan atau wakelocks.

  1. Jangan Menggunakan Auto Brightness

Kamu tentunya sudah mengetahui, bahwa dengan mengaktifkan fitur Auto Brightness ini akan menyetel brightness Android kita menjadi lebih terang. Padahal layar Android adalah salah satu pemakan daya bateraiyang paling rakus daripada yang lainnya. Oleh karena itu, matikan fitur Auto Brightness dan lakukan penyetelan brightness dengan cara manual saja.

  1. Gunakan Android Saat Diperlukan Saja

Ketika kamu tidak perlu mengaktifkan dan memakai Android kamu, kamu bisa mematikan fitur-fitur missal wifi, sistem GPS, bluetooht dan lain-lain.

  1. Gunakan Charger Android Asli

 

Jika kamu sering melakukan pengisian daya baterai Android kamu dengan charger yang bukan merupakan charger asli untuk Android kamu atau charger ponsel lain, sebaiknya segera kamu hentikan hal seperti itu. Dengan menggunakan charger yang bukan aslinya, hal seperti akan semakin memperpendek umur baterai ponsel Android kamu, maka selalu gunakan charger original yang kamu beli bersama dengan Android kamu.

  1. Jangan Gunakan Wallpaper Bergerak

Walaupun kamu adalah orang yang menyukai sesuatu yang dinamis dan bergerak, sebaiknya hal itu tidak kamu terapkan kedalam wallpaper kamu dengan wallpaper bergerak. Hal itu dikarenakan akan menambah daya sedot baterai Android kamu. Lebih baik kamu gunakan wallpaper yang bersifat statis tapi tetap menarik untuk dipandang.

  1. Menggunakan Wallpaper Bernuansa Gelap

 

Untuk yang satu ini, khusus untuk kamu yang sudah menggunakan Android yang didukung dengan layar AMOLED. Layar dengan AMOLED seperti ini begitu banyak ditemukan di smartphone Android buatan Samsung. Jika Android kamu sudah mendukung AMOLED ini, salah satu cara untuk menghemat baterai Android kamu adalah dengan menggunakan wallpaper ponsel yang mempunyai nuansa gelap.

Hal itu dikarenakan layar yang sudah AMOLED hanya melakukan penerangan pada pixel berwarna saja, dan sedangkan warna hitam tidak masuk kedalam golongan berwarna dalam pixel. Jadi, jika nuansa wallpaper yang kamu terapkan semakin berwarna gelap, maka daya baterai Android yang digunakan oleh layar AMOLED ini juga akan semakin sedikit.

Nah, dari hal yang sudah disebutkan diatas, sebenarnya masalah bukan pada baterai Android kamu, namun seberapa bijak kamu dalam penggunaan baterai. Selamat menghemat !