Review Smartphone Xiaomi Mi A1

Gadget Hunter – Salah satu smartphone ini diperkirakan bisa dikatakan sebagai salah satu jawaban dari pecinya Xiaomi atau MiFans, yakni Xiaomi Mi A1. Yang mana sistem operasi Android Stock dibestut oleh Google.

Bahkan bisa dikatakan bahwa smartphone ini ialah ‘hybrid‘ antara keduanya. Kemudian pada bodi fisik asli sistem operasi serta antarmuka yang disusung oleh Google. Selain itu ada Mi A1 juga mengusung beberapa fitur yang lebih garang.

Maka di bawah akan mengungkap spesifikasi dan sejumlah fitur yang garang di Mi A1. Bahkan salah satu yang mencolok serta menjadi perhatian ialah hadirnya konfigurasi pada kamera utama ganda yang performannya bisa diklaim sama seperti dengan iPhone 7 Plus.

 

Dengan menggunakan dua lensa kamera utama pada smartphone tersebut bisa menjadikan efek bokeh di dalam fitur yang bernama “Depth Effect” dan dapat memudarkan latar belakang pada sebuah objek. Hasilnya tersebut hampir mirip dengan hasil foto pada kamera DSLR.

Kemudian di samping kamera utama ganda, Xiaomi juga mempunyai deretan fitur yang lain dan diklaim premium dalam menempati jajaran segmen mid-end. Harga yang dibanderol pada smartphone ini juga tergolong kompetitif, yaitu Rp 3.099.000.

Pada Xiaomi Mi A1 jika dilihat sekilas memang mengusung desain khusus. Smartphone ini memiliki layar seluas 5,5 inci Full HD 2,5D dengan material Corning Gorilla Glass. Kemudian pada kerangka bodinya tersebut juga mengadopsi konsep unibody dengan sejumlah lekukan pada pinggir yang melengkung, sekilas nampak look dan feel dari smartphone ini memang identik dengan Mi 5X.

Selanjutnya pada bahan materialnya juga mirip dengan Xiaomi Mi 5X, yang dibalut dengan bahan aluminium serta pinggiran metal yang mengkilap dan membuat smartphone ini lebih premium.

Pada bagian layar Xiaomi Mi A1, telah dibekali dengan lampu notifikasi, sensor proximity dan kamera depan. Sementara pada tiga tombol navigasi juga berderet di bawah layar, dan dilengkapi dengan port USB Type-C dan lubang jack headphone 3,5mm. Sedangkan pada bagian belakang Xiaomi Mi A1 juga dirancang lebih minimalis dan dilengkapi sensor fingerprint pada tengah bagian belakang, dan juga slot kamera ganda di bagian pojok kiri atas.

Berikut spesifikasi lengkap dari Xiaomi Mi A1 :

Jaringan 3G, HSPA, EGDE, 4G LTE
4G LTE CAT 6
SIM Dual SIM, Nano SIM
Dimensi 155.4 x 75.8 x 7.3 mm
Body Full Metal
LED Notifikasi Ada
Layar Layar 5,5 inchi, IPS LCD Capacitive
Resolusi 1080 x 1920 pixels
Kerapatan  ~ 401 ppi
2.5 D Curved Gorilla Glass 4
Sistem Operasi OS Android v 7.0 Nougat
User Interface Android
Chipset Snapdragon 625
CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 506
Memori RAM 4 GB RAM
Memori Internal 64 GB
Memori Eksternal MicroSD up to 256 GB
Kamera Belakang Dual 12 MP (26mm, f/2.2; 50mm, f/2.6), phase detection autofocus, 2x optical zoom, dual-LED (dual tone) flash
Perekam Video 2160p@30fps
Kamera Depan 5 MP
Konektifitas WIFI, 802 .11 a/ b/g/n/ac
Dual-Band
WI-FI hotspot
Bluetooth v4,1 ,A2DP
GPS – A GPS
Micro USB v2.0
USB OTG
Sensor Fingerprint, accelerometer, proximity, ambientlight, gyroscope, compass
Baterai Li-Po 3080 mAh
Non-Removable
Fast Charging
Warna Black, White, Gold

 

Dengan begitu Xiaomi Mi A1 ialah smartphone dengan kombinasi yang sempurna antara ekosistem serta performa fluid Android One. Bahkan ditambah dengan kemampuan kamera utama ganda yang sangat mumpuni menjadi kualitas utama pada Xiaomi Mi A1.