Perbedaan Macbook Air dan Macbook Pro

GadgetHunter.Net – Sebagai salah satu vendor laptop kelas berat, Apple pastinya selalu hadirkan teknologi canggih di setiap produk yang dibuatnya, begitu pun dengan perbedaan Macbook Air dan Macbook Pro keduanya hadir dengan spesifikasi canggih, tetapi dengan harga terjangkau untuk ukuran Macbook. Meskipun Apple tak secara resmi memberikan review perbedaan antara Macbook Air dengan Macbook Pro, tetapi berikut ini kami akan mencoba memberikan beberapa ulasannya kepada Anda. Jadi, silakan di simak baik – baik ulasan di bawah ini sampai selesai.

Perbedaan Macbook Air dan Macbook Pro

Untuk urusan prosesor, Macbook Air dan Macbook Pro ini memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Hal tersebut karena keduanya memang sudah menggunakan prosesor berkualitas terbaik saat ini guna menunjang performanya. Tapi yang membedakan keduanya adalah ada pada elemen layar dan harga. Yang mana rata – rata produk Macbook yang dibuat oleh Apple mempunyai dua tipe layar seluas 13 inch dan 11 inch. Begitu pun dengan Macbook Air yang riliskan dua tipe layar yakni 11 inch beresolusi 1.366 x 768 pixel dan tipe layar 13 inch beresolusi 1.440 x 900 pixel.

Perbedaan Macbook Air dan Macbook Pro
Perbedaan Macbook Air dan Macbook Pro

Macbook air dengan bentang layar 11 inch tersebut adalah tipe yang paling unik dari Macbook versi mana pun. Apabila 11 inch umumnya padukan layar berasio 16 : 10, maka untuk versi 11 inch dari Macbook Air padukan layar berasio 16 : 9. Pastinya yang demikian ini akan memberikan pengalaman sinematik yang jauh lebih bagus dibandingkan yang lainnya, sebab rasio aspeknya sama dengan radio HDTV. Sementara itu untuk kepadatan layarnya sendiri, Macbook Air 11 inch mempunyai kepadatan hingga 135 pixel per inch dan 13 inch memiliki kepadatan 128 PPI. Tapi sangat disayangkan sekali, tak seperti tipe Macbook Pro, Macbook Air ini tidak menggunakan teknologi Retina Display.

Dengan mengeluarkan dua model, yakni Retina dan Non Retina. Macbook Pro 13 inch Non Retina mempunyai resolusi layar 1.280 x 800 pixel, jelas ini jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan Macbook Air. Sementara itu untuk tingkat kepadatannya sendiri adalah 113 PPI, sehingga resolusi gambar yang nantinya akan dihasilkan oleh Macbook Pro Non Retina kurang jernih jika dibandingkan dengan Macbook Air. Tapi berbeda halnya dengan Macbook Pro Retina yang memiliki tingkat kepadatan227 PPI dan beresolusi 2.560 x 1.600 pixel, dua kali lebih tinggi dibandingkan resolusi Non Retina. Sementara itu untuk 15 inch Macbook pro berlayar Retina mempunyai resolusi Native 2.880 x 1.800 pixel yang hasilkan kepadatan sekitar 220 PPI.

Selain hal tersebut, perbedaan Macbook Air dengan Macbook Pro apabila dilihat dari segi harga, pastinya Macbook Air jauh lebih ekonomis, walaupun perbandingannya dengan yang Non Retina. Macbook Air tersebut dibanderol sebesar Rp 11.499.000,00 untuk layar 11 inch dan Rp 12.999.000,00 untuk layar 13 inch. Hanya selisih Rp 1.5 juta rupiah Anda bisa pilih tipe yang Anda inginkan.

Sementara itu untuk Macbook Pro sendiri dengan dua model yang berbeda mempunyai selisih yang bisa dibilang cukup besar sekali. Macbook Pro Non Retina tersebut dibanderol dengan harga Rp 14.999.000,00, lalu untuk Macbook Pro Retina dibanderol sekitar Rp 16.499.000,00 – Rp 32.999.000,00, yang demikian ini tergantung dari spesifikasi yang dibawanya. Harga yang diberikan pastinya sudah sangat sepadan untuk laptop sekelas Macbook.

Lantas, Anda mau memilih laptop yang mana nih? Ada baiknya silakan Anda pilih laptop yang sesuai dengan budget yang Anda miliki apabila Anda memang berniat untuk membelinya. Apalagi kedua laptop tersebut sama – sama gahar untuk urusan spesifikasi. Demikianlah informasi yang bisa kami informasi tentang perbedaan Macbook Air dan Macbook Pro. Semoga bermanfaat.