Perbedaan Hub dan Switch Dalam Jaringan Komputer

By On Wednesday, January 3rd, 2018 Categories : News

Perbedaan Hub dan Switch – Dalam piranti jaringan computer ada istilah yang di kenal dengan nama hub dan switch. Secara bentuk dari keduanya, kedua piranti ini nyaris kelihatan sama, tetapi mempunyai kemampuan peranan yang berlainan. Untuk kategori orang awam, jika mereka mengetahui keduanya ini terlihat sama saja karna diliat dari sisi bentuknya. Sama seperti saat pertama kalinya saya dahulu belum juga mengetahui hub dan swicth, saya sangka kedua alat ini sama. Tetapi, sesudah menanyakan pada pakar computer jaringan atau cobalah baca di beberapa website, nyatanya hub dan switch ini berlainan. Sebelumnya, untuk mengetahui lebih jauh 2 komponen jaringan ini, alangkah sebaiknya kita mengetahui terlebih dulu apa hub itu? dan apa switch itu?.

Hub adalah piranti jaringan yang mengantar paket data ke seluruh port yang tersambung ke hub sampai paket data itu sampai pada tujuan. Sedangkan hub berbeda dengan switch. Switch adalah piranti jaringan yang mendistribusikan paket data langsung sampai tujuan antar computer dalam jaringan dan mempunyai peranan untuk mengetahui topologi jaringan pada banyak layer osi.

Menurut peranannya switch dan hub ini keduanya sama-sama mengantar suatu paket data dalam suatu jaringan computer. Tetapi, dalam taraf besar dan butuh kecepatan yang handal, switch lebih unggul dari pada hub. Bermula dari sini, ada banyak hal perbedaan pada hub dan switch yang perlu kita kenali. Mari ikuti penjelasannya berikut ini.

Perbedaan Hub dan Switch dalam Jaringan Komputer

Apa sajakah perbedaan hub dan switch? Mari kita simak sebagian keterangan berikut ini yang kami kumpulkan dari beragam literatur yang ada.

Cara kerja hub dan switch

Cara kerja hub dan switch

1. Kecepatan Transfer Data

Switch mempunyai kecepatan transfer data yang lebih baik dibandingkan dengan hub. Hingga saat ini banyak yang membuat jaringan memakai switch. Switch dapat melaksanakan prioritas transmisi data dari mac address yang akan dituju, sehingga dapat mentransmisikan paket data lebih cepat dari pada hub yang cuma menebarkan paket data keseluruh computer yang tersambung jaringannya.

2. Harga Switch dan Hub

Dari sisi ekonomi, harga hub lebih murah dibanding dengan harga switch karena keunggulan peranan dan keamanan yang di tawarkan switch.

3. System Transmisi

Switch mentransmisikan paket data sesuai dengan request dari computer yang memerlukan paket data itu, sedang hub mentransmisikan paket data yang masuk ke semua computer yang tersambung dengan jaringannya.

4. Sisi Keamanan

Dari sisi keamanan, hub mempunyai tingkat keamanan lebih rendah dari pada switch. Switch menggunakan system seleksi pada computer yang tersambung dengannya berbentuk MAC address, hal semacam ini sangat memungkinkan apabila ada MAC address yang bisa menyebabkan problem pada jaringan bisa di blok saja langsung.

5. Setting Jaringan (Manageable)

Hub tidak dapat melakukan setting perangkat yang tersambung ke jaringan, sedang switch dapat di-setting melakukan blokir pada computer/mac address yang di rasa mengganggu transmisi data. Switch sendiri apabila digunakan pada jaringan yang kecil seperti di rumah, tidaklah perlu melakukan setting yang repot, hanya butuh colok kabel LAN tersebut ke switch. Untuk jaringan yang semakin besar seperti di kantor atau warnet membutuhkan managed switch yang umumnya disetting dengan membuat virtual LAN atau VLAN untuk setting kecepatan port, host, filter mac address dan lain-lain.

6. Letak pada Lapisan OSI Layer

Hub bekerja pada 7 lapisan OSI layer pertama yang diberi nama dengan Physical Layer, sedang switch melaksanakan kerjaannya pada susunan OSI layer kedua yaitu Data Link.

7. Beban Kemampuan pada Jaringan

Diliat dari system kerjanya, hub mempunyai beban kerja yang sederhana dan tidak rumit, sedang switch mempunyai beban kerja yang lebih kompleks.

Dari beragam perbedaan pada hub dan switch yang telah kita bahas diatas. Anda dapat pilih mana yang akan anda pakai untuk membuat satu jaringan. Sebelum itu, Anda mesti memastikan tujuan dalam membuat jaringan, jaringan itu akan anda buat untuk taraf kecil atau untuk taraf besar. Apabila anda berpikiran untuk membuat jaringan untuk taraf kecil (tempat tinggal, warnet, warkop wifi) anda hanya butuh memakai hub, tetapi bila untuk taraf besar seperti universitas, kantor dan lain-lain perlu memakai switch supaya dapat di manageable.

Sekian artikel mengenai perbedaan hub dan switch dalam jaringan computer. Berdasarkan hal semacam ini, mudah-mudahan anda dapat mulai menentukan dan membedakan ingin menggunakan hub atau switch untuk membuat jaringan. Dari beragam website jual beli on-line, saat ini penjual semakin banyak jual switch dari pada hub. Disebabkan switch mempunyai keunggulan pada fitur managed dan unmanaged, sehingga seandainya konsumen menginginkan menggunakan untuk taraf kecil, dapat membeli switch unmanaged yang dapat dijadikan pengganti hub. Mudah-mudahan info ini berguna buat anda beberapa pecinta jaringan computer. Terima kasih salam it semoga bermanfaat!

 

Perbedaan Hub dan Switch Dalam Jaringan Komputer | gadget hunter | 4.5