Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap Banget

By On Tuesday, January 2nd, 2018 Categories : News

Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap – Kalau anda menekuni dunia computer jaringan, maka pastinya anda tentu seringkali mendengar mengenai TCP/IP, Hub, Switch, Bridge dan router. Dahulu saat jaman sekolah seringkali memperoleh pertanyaan di buku LKS tentang hal itu, satu diantaranya yang juga akan kita bahas yaitu mengenai router. Apa fungsi router? Jabarkan fungsi router? dan apa sih pengertian router itu?. Beranjak dari pertanyaan itu, dahulu saat sekolah banyak buku tips yang dapat dipakai jadi referensi, jadi dengan gampang menjawab mengenai fungsi, pengertian dan langkah kerja mengenai router. Nah, karna saat ini jaman telah mulai go on-line, tidak ada kelirunya saya coba membahas lewat situs (blog) gadgethunter.net ini.

Router adalah satu alat yang ibaratnya penghubung, jadi si router ini bermanfaat untuk menguhubungkan sebagian jaringan/network, baik itu jaringan yang sama atau jaringan yang berlainan dari sisi teknologinya karna alat yang berlainan seumpama topologi bus, star, atau ring. Untuk lebih jelasnya, mari simak penjelasan pengertian router dan fungsinya lengkap berikut ini.

pengertian router dan fungsinya

pengertian router dan fungsinya

Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap

Di bawah ini akan saya bahas mengenai pengertian router dan fungsinya, secara lengkap dan terperinci. Simak di bawah ini.

Pengertian Router dalam Jaringan Komputer

Pengertian router adalah satu piranti luar computer atau alat yang mengantar paket data melewati jaringan internet menuju perangkat yang lain atau tujuannya memakai sistem yang diberi nama routing.

Routing adalah sistem yang berlangsung selagi pengiriman paket data dari jaringan satu ke jaringan yang lainnya yang berlangsung melalui 3 lapisan (jaringan internet protocol) dari stack protokol 7-lapis OSI.

Fungsi Router dalam Jaringan Komputer

Fungsi router adalah menghubungkan 2 jaringan atau lebih untuk menyalurkan data info dari jaringan satu ke jaringan yang lain. Dalam sistem penyaluran sinyal data info tadi, piranti baik yang sebagai penerima atau yang sebagai pengirim mesti tersambung dengan internet.

Fungsi paling utama dari router sendiri yaitu menjadi pembagi atau penyalur IP address secara stastis atau menggunakan DHCP pada semua piranti computer atau laptop yang tersambung pada piranti router tadi. Sesudah fungsi dari router tadi berjalan, jadi tiap-tiap computer yang tersambung mempunyai IP address yang unik hingga bisa dipakai untuk melakukan searching, setting LAN dan internetan.

Pemakaian router sendiri router sendiri seringkali kita jumpai pada warnet, perkantoran, administrasi sekolah, perhotelan dan beragam usaha atau tempat yang memakai sarana service internet. Tehnologi router sendiri saat ini telah lebih moderen dan mutakhir dengan terdapatnya fungsi wireless. Dengan keunggulan ini, tiap-tiap piranti atau gadget yang dapat menangkap sinyal gelombang radio, bisa menerima gelombang radio yang dipancarkan router sehingga anda dapat segera tersambung dengan internet.

Jenis Router dalam Jaringan Komputer

Jenis router dalam jaringan computer pada umumnya terdiri jadi 2 type :

  1. Router statis adalah router yang di setting manual oleh administrator hingga mempunyai tabel routing statis
  2. Router dinamis adalah router yang memiliki dan membuat tabel routing dinamis dengan melihat sinyal lalu lintas jaringan dan sama-sama tersambung dengan router yang lain.

Cara Kerja Router dalam Jaringan Komputer

Cara kerja router ini diberi nama routing yang mempunyai kekuatan untuk mengirimkan data atau info sesuai dengan rute perjalanan menuju host baik dari sesama network atau berlainan network. Asumsinya simpel, bila data/info diperuntukkan pada host di network yang berbeda, maka router akan menjalankan ke network itu. Tetapi, bila data/info diperuntukkan pada host dalam satu network, jadi router juga akan menghambat data/info itu keluar dari network.

cara kerja router dalam jaringan komputer

cara kerja router dalam jaringan komputer

Berikut ini adalah ilustari langkah kerja router dalam computer jaringan

Cara Kerja Router berdasar pada gambar contoh diatas :

  1. Ada 2 buah network yang tersambung dengan 1 router.
  2. Network samping kiri tersambung ke port 1 router = 192. 168. 1. 0, sedang network samping kanan tersambung ke port 2 router = 192. 155. 2. 0.
  3. Bila computer B kirim data ke computer C, jadi router akan tidak kirim data itu k network beda. Sama juga dengan bila computer E kirim data ke computer F dan beragam alur dalam satu network.
  4. Tetapi, bila computer E kirim data ke computer B, jadi router juga akan kirim data itu ke computer B lewat jaringan lain (network 2 menuju network 1)

Berdasar pada uraian keterangan dan gambar di atas, anda tentu telah mengerti alur dari pengertian router, fungsi dan langkah kerjanya. Nah, saat ini tinggal anda coba mempraktekkan atau mendalaminya.

Sekian artikel mengenai pengertian router dan fungsinya lengkap dengan jenis langkah kerjanya. Mudah-mudahan dapat menambah pengetahuan anda mengenai jaringan computer. Terima kasih semoga bermanfaat.

Pengertian Router dan Fungsinya Lengkap Banget | gadget hunter | 4.5