Layar Laptop Blank dan Cara Mengatasinya

By On Sunday, December 10th, 2017 Categories : Tips

Layar Laptop Blank dan Cara Mengatasinya – Laptop memang tidak memiliki durability yang sama seperti PC. Laptop memang jauh lebih mudah mengalami kerusakan jika dibandingkan dengan PC. Kenapa? Karena mayoritas komponen yang digunakan di dalam laptop itu lebih kecil dari PC.

Berbicara mengenai kerusakan pada laptop, ada banyak sekali jenis kerusakan yang biasa dialami oleh pengguna. Salah satu kerusakan yang cukup sering dialami pengguna laptop adalah layar laptop blank.

Masalah layar laptop blank tersebut bisa disebabkan oleh banyak hal. Menariknya, kemungkinan masalah bisa anda atasi sendiri. Bagi anda yang tertarik untuk mempelajari apa saja penyebab dan bagaimana cara mengatasi masalah tersebut, anda bisa membacanya lebih lanjut di artikel ini.

Layar Laptop Blank

Layar Laptop Blank

Apa yang Menyebabkan Layar Laptop Blank?

Sebelum anda belajar tentang bagaimana cara mengatasi masalah layar laptop blank, ada baiknya anda ketahui terlebih dahulu beberapa hal yang menjadi penyebabnya.

Masalah layar laptop blank bisa disebabkan oleh banyak hal. Berikut ini adalah beberapa penyebabnya:

  • Kerusakan sistem operasi

Layar laptop blank bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada sistem operasi. Jika sistem operasi yang digunakan pada laptop anda mengalami kerusakan, kemungkinan besar laptop tidak bisa masuk ke dalam sistem operasi.

Ketika laptop tidak bisa masuk kedalam sistem operasi, kemungkinan besar seperti itu.

Salah satu cirinya adalah yang disebabkan karena adanya kerusakan pada sistem operasi adalah layar masih menampilkan proses booting sistem operasi. Namun setelah menampilkan proses booting, layar tidak menampilkan apapun.

  • Kerusakan pada konektor layar laptop

Masalah layar laptop blank juga bisa disebabkan karena kerusakan konektor. Hal ini bisa dikatakan penyebab yang paling parah.

Konektor layar laptop memang sangat rentan mengalami kerusakan, terutama jika anda cukup sering membuka dan menutup layar laptop.

Ciri layar laptop blank karena adanya kerusakan pada bagian konektor adalah layar laptop sama sekali tidak menampilkan apapun, hal tersebut juga terjadi ketika anda masuk kedalam BIOS laptop.

  • Kerusakan pada layar laptop

Layar laptop blank juga bisa disebabkan karena kerusakan pada komponen layar laptop sendiri. Namun biasanya, layar laptop yang mengalami kerusakan tidak langsung mati total.

Pasti ada beberapa tanda-tanda yang menunjukkan adanya kerusakan pada komponen layar laptop sebelum benar-benar mati total.

Salah satu ciri adanya kerusakan pada komponen layar laptop adalah munculnya garis vertikal atau horizontal di layar laptop. Selain itu, terkadang warna yang ditampilkan pada layar laptop juga sudah tidak jernih lagi.

Cara Mengatasi Masalah Layar Laptop Blank

Jika anda sudah menemukan apa penyebab masalah itu , anda bisa mencoba mengatasinya terlebih dahulu.

Berikut ini beberapa cara mengatasi sendiri masalah layar laptop blank sebelum dibawa ke service center:

  • Lakukan recovery sistem operasi melalui safe mode

Jika masalah layar laptop blank disebabkan karena adanya kerusakan pada sistem operasi, maka solusi yang paling mudah adalah dengan melakukan recovery sistem operasi.

Cara melakukan recovery sistem operasi sendiri ada banyak. Salah satu cara yang paling mudah adalah melalui safe mode. Jika anda bisa masuk kedalam safe mode (tekan tombol F8 berulang kali setelah laptop dihidupkan) dan layar laptop tidak mengalami blank, maka masalahnya memang benar-benar disebabkan karena kerusakan sistem. Segera lakukan recovery sistem melalui safe mode.

  • Buka tutup layar laptop perlahan-lahan untuk menyambungkan konektor layar

Jika penyebab utama layar laptop blank yang anda alami adalah karena adanya kerusakan pada konektor layar laptop, sebenarnya solusi yang paling tepat adalah dengan mengganti konektor layar laptop anda.

Namun sebelum membawanya ke service center, anda masih bisa mencoba mengatasinya sendiri dengan cara menghidupkan laptop kemudian buka dan tutup layar laptop anda secara perlahan-lahan.

Cara ini terkadang bisa membantu menghidupkan kembali layar laptop yang mati karena adanya kerusakan pada konektor layar.

Sayangnya, cara ini membuat anda tidak bisa lagi menutup dan membuka layar laptop sesuka hati.

Bagi pengguna laptop yang mengalami masalah tersebut karena adanya kerusakan pada bagian konektor dan komponen layar, memang sangat disarankan untuk segera mengganti komponen yang mengalami kerusakan.

Masalah layar laptop blank bisa diatasi sendiri jika penyebabnya hanyalah karena adanya kerusakan pada sistem operasi saja.

Layar Laptop Blank dan Cara Mengatasinya | gadget hunter | 4.5