Lakukan Tindakan Sepele Ini Agar Baterai Smartphone Non Removable Tidak Mudah Rusak

By On Friday, February 23rd, 2018 Categories : News, Smartphone, Tips

Ketika berbicara mengenai sebuah smartphone, sudah bisa dipastikan bahwa ada banyak sekali komponen penting yang ada didalamnya. Salah satu komponen yang dimaksudkan disini adalah baterai itu sendiri. Ya, baterai merupakan salah satu komponen paling penting didalam sebuah smartphone yang peranannya memang tak bisa digantikan begitu saja. Dimana, bateri ini memiliki fungsi sebagai daya untuk menghidupkan smartphone ketika akan digunakan. Ada banyak sekali jenis baterai yang biasanya digunakan untuk smartphone. Salah satu yang paling sering kita kenal adalah Non Removable.

Nah, berdasarkan pengamatan berbagai pihak, perawatan sebuah smartphone yang khususnya menunjang baterai sendiri sangatlah mudah. Dan bisa dipastikan bahwa perawatan masing-masing smartphone itu sendiri juga berbeda satu sama lain. Namun, tidak sedikit pengguna smartphone, khususnya smartphone dengan baterai non removable yang mulai mengeluh. Dimana, keluhan ini disebabkan karena pengguna tersebut kesulitan untuk melakukan perawatan baterai. Nah, bagi kamu yang juga mengalami kesulitan untuk melakukan perawatan pada baterai, berikut adalah beberapa tips mudah untuk melakukan perawatan tersebut.

Perawatan Baterai Smartphone Non Removable

Agar kamu tak semakin penasaran, berikut adalah beberapa tips mudah merawat baterai smartphone non removable yang paling sering diterapkan oleh pengguna smartphone ini:

  1. Gunakan Charger Yang Asli

Tips perawatan yang paling penting adalah pastikan selalu menggunakan charger yang asli. Ini disebabkan karena charger yang asli umumnya selalu memiliki besaran arus listrik yang sudah ditentukan sebelumnya. Dimana dengan besaran ini akhirnya pengisian yang dilakukan bisa lebih efektif dan juga aman nantinya. Nah, bagi kamu yang terpaksa tidak memakai charger asli, sangat disarankan untuk memperhatikan arus yang masuk pada baterai agar nantinya tidak rusak atau menganggu keseimbangan baterai itu sendiri.

  1. Memeriksa Temperatur Dari Baterai

Suhu yang ideal untuk sebuah baterai adalah antara 18 sampai 35 derajat celsius. Apabila baterai berada pada suhu yang terlalu rendah dari itu maka akan membuatnya mengalami pengurangan kapasitas. Namun, jika mungkin baterai terlalu panas, sudah bisa dipastikan akan menyebabkan berbagai komponen lain akan mengalami kerusakan nantinya. Terlebih komponen penting yang berdekatan dengan smartphone itu sendiri.

  1. Usahakan Untuk Mengisi Baterai Saat Masuk 30%

Agar baterai tidak mengalami penurunan kapasitas dan juga bisa mempertahankan umur dari baterai itu sendiri, setiap pengguna smartphone sangat disarankan untuk mencharger smartphone ketika bateri sudah menunjukkan angka 30%. Atau jika tidak bisa melakukannya, sangat disarankan mengcharger hp ketika daya baterai tersebut sudah menunjukkan angka 20% hingga 30% dari total kapasitas itu sendiri. Dan pastikan ketika mencharger gunakan sebuah baterai yang original agar nantinya bisa lebih aman.

  1. Hindari Pengisian Baterai Yang Terlalu Berlebihan

Meskipun tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang ini sebagian besar smartphone memang sudah disematkan sebuah teknologi yang mampu memutus data saat baterai sudah mencapai 100%. Namun, jika kamu memiliki kebiasaan tetap saja mencharger baterai ketika sudah berjam-jam tentu akan membayakan baterai smartphone itu sendiri. Dimana, hal ini akan membuat baterai smartphone malah melembung dan akhirnya meledak dengan sendirinya.

Bagaimana, sebenarnya sangat mudah bukan perawatan baterai non removable itu sendiri? Mungkin kamu yang sudah memiliki kebiasaan buruk ketika menggunakan smartphone, ada baiknya jika menghentikan kebiasaan tersebut dan mengantikannya dengan berbagai kebiasaan ini. Selamat mencoba dan semoga hasil perawatan yang dilakukan bisa lebih maksimal.

Lakukan Tindakan Sepele Ini Agar Baterai Smartphone Non Removable Tidak Mudah Rusak | admin | 4.5