Ini Kerusakan Laptop yang Bisa Disebabkan Hardware Maupun Software

By On Saturday, December 9th, 2017 Categories : Tips

Jaman sekarang, memang lebih banyak orang yang memilih menggunakan laptop dibandingkan dengan PC. Alasannya sangat jelas karena kemudahannya dibawa kemanapun.

Namun karena mudah dibawa kemana saja, laptop juga menjadi lebih rawan mengalami kerusakan. Ada cukup banyak penyebab yang sangat sering dialami oleh pengguna.

Sebagai orang awam, kebanyakan orang belum mengetahui bahwa sebenarnya ada 2 penyebab utama kerusakan laptop yaitu kerusakan hardware dan juga kerusakan software.

Namun demikian, ada beberapa macam kerusakan laptop yang bisa disebabkan karena adanya kerusakan hardware maupun kerusakan pada software. Bagi anda yang terbiasa menggunakan laptop, ada baiknya anda pelajari apa saja yang umum dialami pengguna tersebut.

Selain itu, ketahui juga apakah penyebab kerusakan laptop tersebut dikarenakan hardware atau software. Jika anda berminat, anda bisa mempelajari masalah kerusakan laptop tersebut selengkapnya di artikel ini.

kerusakan laptop

kerusakan laptop

4 Macam Kerusakan Laptop yang Umum Dialami Pengguna

Memang benar ada banyak sekali macam kerusakan laptop yang biasa dialami oleh pengguna. Namun dari sekian banyak, hanya ada 6 yang paling sering dialami oleh pengguna.

Berikut ini adalah 6 macam kerusakan laptop dan apa yang kemungkinan menjadi penyebab kerusakan tersebut:

  1. Laptop menjadi semakin lambat

Kerusakan laptop yang pertama dan paling sering dialami oleh pengguna adalah laptop menjadi semakin lambat kinerjanya.

Hal ini bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada software dan juga hardware. Jika dilihat dari software, laptop menjadi semakin lambat ini bisa disebabkan karena adanya virus atau malware. Selain itu, bisa jadi hal tersebut disebabkan karena terlalu banyak program yang berjalan di start up.

Jika dilihat dari segi hardware, laptop yang menjadi semakin lambat kinerjanya ini bisa disebabkan karena kapasitas RAM kurang, tempat penyimpanan data mulai mengalami penurunan kondisi, dan juga bisa dikarenakan prosesor sudah ketinggalan jaman.

  1. Laptop sering restart sendiri

Kerusakan laptop yang kedua adalah laptop sering restart sendiri. Kerusakan yang kedua ini biasanya yang paling sering membuat pengguna bingung.

Laptop yang sering restart sendiri bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada software yang digunakan maupun hardware.

Jika dilihat dari software, masalah tersebut bisa terjadi karena sistem operasi yang digunakan di dalam laptop mengalami kerusakan. Selain itu, masalah tersebut juga bisa disebabkan karena adanya virus di dalam laptop.

Jika dilihat dari hardware, masalah laptop yang sering restart sendiri bisa disebabkan karena ada kerusakan pada bagian kartu grafis, motherboard, maupun pada prosesor.

  1. Keyboard laptop tidak bisa digunakan

Selain laptop restart sendiri dan lemot, kerusakan laptop yang juga sering dialami oleh pengguna adalah keyboard laptop tidak bisa digunakan.

Masalah tersebut juga bisa disebabkan karena adanya kerusakan pada software maupun pada hardware.

Jika dilihat dari sisi hardware, hal tersebut bisa saja disebabkan karena ada beberapa komponen keyboard laptop yang sudah mengalami kerusakan dan perlu diganti.

Jika dilihat dari segi software, ada kemungkinan masalah tersebut disebabkan karena ketidakcocokan driver hardware dengan sistem operasi yang digunakan di laptop.

  1. Koneksi internet sangat lambat

Pengguna laptop juga sering mengeluhkan masalah koneksi internet yang sangat lambat, padahal pengguna koneksi internet lain tidak mengalami masalah tersebut.

Kerusakan laptop tersebut juga bisa disebabkan oleh software maupun hardware. Jika dilihat dari software, masalah tersebut bisa terjadi karena ada banyak software yang menggunakan bandwith internet di background task.

Jika dilihat dari segi hardware, itu bisa jadi dikarenakan tempat penyimpanan data laptop sudah mulai mengalami penurunan kondisi.

Karena memang ada beberapa kerusakan yang bisa disebabkan dari hardware maupun software, maka anda mau tidak mau harus melakukan pengecekan di dua faktor tersebut.

Kerusakan laptop yang paling mudah untuk diatasi adalah yang disebabkan oleh kerusakan pada sistem. Jika kerusakan laptop lebih banyak disebabkan oleh hardware, maka mau tidak mau solusinya adalah mengganti hardware yang mengalami kerusakan tersebut.

Ini Kerusakan Laptop yang Bisa Disebabkan Hardware Maupun Software | gadget hunter | 4.5