Kenapa Install Ulang Laptop Tidak Boleh Terlalu Sering Dilakukan?

By On Monday, December 11th, 2017 Categories : Tips

Install Ulang Laptop – Install ulang sistem operasi memang solusi yang paling sering dilakukan jika laptop mengalami masalah. Namun sebenarnya, hal ini tidak boleh sering dilakukan.

Sampai saat ini, memang masih banyak orang yang belum mengetahui bahwa melakukan install ulang laptop terlalu sering dapat menyebabkan masalah yang lebih parah.

Apakah anda selama ini hampir selalu melakukan install ulang sistem operasi ketika laptop anda mengalami masalah? Jika anda terbiasa mengatasi masalah laptop dengan melakukan install ulang sistem operasi, ada baiknya anda pelajari terlebih dahulu beberapa alasan kenapa install ulang laptop tidak boleh terlalu sering dilakukan di artikel ini.

install ulang laptop

install ulang laptop

Alasan Kenapa Install Ulang Laptop Jangan Sering Dilakukan

Ya, memang mengganti so komputer adalah solusi paling cepat untuk mengatasi berbagai macam masalah sistem. Namun ternyata, terlalu sering melakukan install ulang juga dapat menyebabkan banyak masalah baru.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa anda sangat tidak disarankan untuk melakukan install ulang laptop terlalu sering:

  1. Berisiko merusak hard disk

Alasan pertama kenapa anda tidak disarankan melakukan install ulang laptop terlalu sering dikarenakan dapat memperpendek umur hard disk laptop. Kenapa install ulang sistem operasi dapat memperpendek umur hard disk laptop anda?

Karena selama proses install ulang sistem operasi, hard disk akan bekerja lebih berat dari biasanya. Selain itu, hard disk juga berulang kali harus diformat sebelum proses install ulang sistem operasi.

Risiko kerusakan pada tempat penyimpanan data ini semakin meningkat terutama jika anda masih menggunakan tempat penyimpanan data teknologi lama.

  1. Berisiko merusak ROM

Proses install ulang laptop memang sekarang sudah bisa dilakukan dengan menggunakan media USB flashdisk. Namun demikian, masih banyak orang yang melakukan install ulang sistem operasi dengan menggunakan ROM.

Kenapa? Karena proses install ulang menggunakan ROM adalah yang paling mudah. Anda tidak perlu membuat instalasi sistem operasi virtual di dalam flashdisk.

Namun sayangnya, terlalu sering melakukan perubahan sistem operasi dengan menggunakan ROM juga berisiko merusak ROM. Kenapa? Karena proses instalasi sistem operasi itu membutuhkan waktu yang cukup lama.

Selama proses instalasi, ROM laptop anda akan terus menerus membaca data-data di dalam kepingan yang berisi sistem operasi. Jika hal ini terlalu sering dilakukan, jelas ROM laptop anda juga akan menjadi korbannya.

  1. Berisiko merusak baterai

Terlalu sering melakukan install ulang laptop juga bisa menyebabkan kerusakan pada baterai. Kenapa? Karena selama melakukan proses install ulang sistem operasi, laptop anda harus mendapatkan aliran listrik yang cukup besar.

Padahal faktanya, tegangan listrik bisa saja mengalami penurunan. Ketika tegangan listrik mengalami penurunan, secara otomatis baterai laptoplah yang harus dipaksa bekerja lebih berat untuk mencukupi kebutuhan aliran listrik semua komponen laptop selama melakukan install ulang sistem operasi.

Oleh sebab itu, jika hal ini terus menerus dilakukan, kemungkinan baterai laptop andapun menjadi lebih cepat rusak.

  1. Membutuhkan waktu yang cukup banyak

Selain karena berisiko merusak beberapa komponen laptop, install ulang laptop yang dilakukan terlalu sering juga menjadi kurang efektif lagi. Kenapa? Karena proses instalasi sistem operasi laptop membutuhkan waktu yang cukup banyak, terutama jika anda melengkapi semua software tambahan.

Oleh sebab itu, memang sangat tidak disarankan untuk melakukan install ulang laptop terlalu sering.

Sebenarnya ada solusi yang lebih baik untuk mengatasi laptop yang sistemnya bermasalah selain melakukan install ulang laptop. Jika dibandingkan dengan melakukan install ulang laptop, lebih baik anda melakukan recovery sistem operasi.

Recovery sistem operasi jauh lebih cepat dan juga tidak membutuhkan waktu selama melakukan install ulang sistem operasi di laptop.

Kenapa Install Ulang Laptop Tidak Boleh Terlalu Sering Dilakukan? | gadget hunter | 4.5