Inilah 6 Alasan Laptop Windows 10 ARM Layak untuk Dibeli

By On Thursday, March 29th, 2018 Categories : KOMPUTER, LAPTOP, News

Menggunakan prosesor mobile yakni Snapdragon 835 dan pengolah grafis Adreno 540, Micrrosoft dan Qualcomm tampaknya percaya diri jika proyek mereka ini yakni Windows 10 ARM akan sukses serta mendapat tempat di pasar desktop. Tentunya, hal ini ditunjukkan dengan beberapa OEM seperti Asus, Lenovo dan HP yang langsung memperkenalkan Laptop berbasis Windows 10 ARM pada ajang CES 2018 bulan Januari yang lalu.
Tentunya, beragam kelebihan ditawarkan laptop berbasis Windows 10 ARM agar dapat menarik minat konsumen untuk memilikinya. Berikut 5 kelebihan yang dimiliki laptop ber-OS Windows 10 ARM. Yuk, cek list selengkapnya di bawah ini.

  1. Mendukung Penggunaan Kartu SIM 4G LTE

Dengan label “Always Conected”, laptop berbasis Windows 10 ARM dapat selalu terkoneksi ke internet berkat dukungan modem LTE yang terintegrasi dengan prosesor Snapdragon 835. Tentunya, kamu bisa memasukkan kartu sim 4G milikmu dan menggunakannya untuk berselancar di internet. Hal ini merupakan terobosan yang bermanfaat terutama bagi kamu yang tidak memiliki koneksi internet via Wifi atau modem eksternal. Kabar baiknya, ternyata laptop berbasis Windows 10 ARM tidak terkena aturan TKDN yang mengharuskan adanya komponen lokal bagi perangkat 4G agar bisa lulus sertifikasi di Indonesia. Adapun sasaran aturan TKDN hanya pada perangkat berbasis mobile saja seperti smartphone dan tablet.

  1. Desain Tipis dan Ringkas, Ringan Serta Tanpa Kipas

Laptop berbasis Windows 10 ARM mempunyai bodi yang ringkas dan tipis berkat penggunaan prosesor Snapdragon 835 yang hanya menggunakan sedikit ruang. Tak hanya itu, penggunaan prosesor Snapdragon 835 juga membuat laptop Windows 10 ARM tidak memerlukan kipas sebagai pendingin sehingga meminimalisir debu yang masuk kedalam laptop.
Penggunaan ruang yang lebih sedikit juga berdampak pada bobot laptop Windows 10 ARM yang ringan. Salah satu laptop berbasis Windows 10 ARM yakni HP Envi x2 yang memiliki berat kurang dari 680 gram dan dengan dengan ketebalan 6.9 mm saja. Tentunya hal ini membuat laptop berbasis Windows 10 ARM mudah dibawa kemana-mana.

  1. Menggunakan Konsep Hybrid

Laptop berbasis Windows 10 ARM mengadopsi konsep hybrid yang artinya pengguna dapat melepas bagian layar dari keyboard dan menggunakannya layakknya sebuah tablet. Tentunya, jika kamu membeli sebuah laptopberbasis Windows 10 ARM, maka dapat dikatakan kamu membeli 2 perangkat sekaligus yakni tablet dan laptop. Konsep tersebut biasanya disebut 2 in 1 dan umumnya ditemui pada perangkat ultrabook yang harganya bisa mencapai belasan juta bahkan puluhan juta. Tentunya, laptop berbasis Windows 10 ARM yang dilabeli harga mulai dari 8 jutaan sampai 10 jutaan dapat menjadi alternatif bagi kamu yang menginginkan laptop hybrid.

  1. Baterai Super Awet

Karna menggunakan prosesor Snapdragon 835 yang biasanya digunakan pada smartphone dan tablet pintar, laptop berbasis Windows 10 ARM diklaim memiliki baterai yang super awet. Bayangkan saja, daya tahan batereinya bisa mencapai 22 jam untuk streaming film di situs Netflix. Snapdragon 835 memang dikenal memiliki sistem komsumsi daya yang terbilang minim ketimbang prosesor desktop pada umumnya seperti buatan Intel atau AMD. Tentunya, performa Snapdragon 835 juga tidak dapat diremehkan untuk sekadar menjalankan aplikasi Office, berselancar di internet maupun bermain game ringan.

  1. Dukungan Aksesori Mewah

Laptop berbasis Windows 10 ARM dibekali dengan aksesoris yang keren dan mewah seperti sensor sidik jari yang terletak di bagian touchpad, USB Type C, penggunaan memori penyimpanan jenis SSD yang lebih cepat ketimbang HDD dan dukungan pen untuk menggambar maupun mengoperasikan perangkat. Bahkan HP Envy x2 memiliki kamera belakang bersolusi 13MP dan 5MP di bagian depan. Tentunya, aksesori dan dukungan fitur seperti itu biasanya ditemui pada laptop kelas bisnis yang harganya juga sesuai dengan konsumen yang berkutat di dunia bisnis.

  1. Gratis Upgrade Windows 10 Pro

Laptop berbasis Windows 10 ARM pada awalnya terinstal sistem operasi Windows 10 S yang memiliki batasan demi alasan keamanan pengguna. Batasan tersebut adalah aplikasi yang diinstal harus bersumber dari Store, sehingga aplikasi yang bukan berasal dari Windows Store (sekarang Microsoft Store pada update mayor Windows 10 Fall Creators Update) akan terdeteksi error dan tidak bisa diinstal. Hal ini dilakukan Microsoft untuk mencegah maware yang biasanya menyusu di aplikasi non store serta menarik minat para developer aplikasi dan game untuk mempublish buatan mereka di Microsoft Store. Kabar baiknya, laptop Windows 10 ARM akan mendapatkan upgrade ke Windows 10 Pro sampai tanggal 31 September 2018 mendatang. Untuk Lenovo Miix 630, pengguna memperoleh kesempatan selama 180 hari untuk mengupgrade ke Windows 10 Pro.

Inilah 6 Alasan Laptop Windows 10 ARM Layak untuk Dibeli | admin | 4.5