Ini Tindakan Yang Harus Dilakukan Ponsel Yang Mengetahui Data Pribadi Registrasi Sim Card Bocor

By On Friday, March 9th, 2018 Categories : News, Tips

Data pribadi registrasi SIM Card bocor, apakah yang harus kita lakukan? Proses registrasi nomor telepon atau SIM Card secara resmi sudah ditutup pada 28 Februari 2018 kemarin. Artinya berdasarkan peraturan Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kominfo yang sudah diiketahui per tanggal 1 Maret 2018, kartu yang belum didaftarkan ulang atau belum diregistrasi ulang akan langsung diblokir tanpa ada sepengetahuan dari pemilik SIM card itu sendiri. Dengan adanya pemblokiran ini, maka sudah bisa dipastikan penggunanya tadi tidak akan bisa untuk melakukan SMS maupun panggilan keluar.

Sayangnya, belum lama kabar ini terjun ke masyarakat, ada kabar yang lebih menghebohkan kalangan masyarakat yang khususnya sudah melakukan registrasi nomor telepon ini. Dimana, tersiar kabar bahwa data pribadi para pengguna yang sudah registrasi mulai tersebar atau bocor di dunia maya. Secara resmi, Kominfo mengkonfirmasi bahwa kejadian ini adalah tindakan dalam hal penyalahgunaan bukan semata-mata kebocoran data. Selain itu, pihak Kominfo juga sudah melakukan berbagai tindakan untuk menangani masalah ini. Dimana, penyalahgunaan yang dimaksud adalah penyalahgunaan NIK dan juga KK tanpa hak.

Data Pribadi Registrasi SIM Card Bocor? Ini Yang Harus Kamu Lakukan

Ya, karena penyalahgunaan dari data pribadi yang dilakukan oleh beberapa oknum inilah, akhirnya sejumlah sms yang kedoknya adalah penipuan sudah mulai menghantui para pengguna smartphone maupun ponsel lainnya. Dan parahnya lagi, oknum yang tak bertanggung jawab tersebut sudah mengetahui beberapa data penting dalam NIK dan KK tersebut. Contoh saja adalah nama lengkap pribadi, kartu kredit, alamat dan data-data personal lain yang seharusnya memang harusnya tidak diketahui oleh pengguna lain. Penyebab kebocoran data yang dilaporkan oleh Kominfo ini disebabkan karena kalangan internal operator.

Dimana, penyebab ini disebutkan sendiri oleh Menkominfo (Kementrian Komunikasi Dan Informasi Republik indonesia, Rudiantara yang disampaikan di Jalan Merdeka Barat Jakarta pada hari Kamis 15 Januari 2018. Karena kebocoran data ini, Menkominfo juga menyarankan agar semua pihak ikut serta untuk mengusut tuntas kasus yang sedang hangat ini. Tujuannya tentu sudah jelas agar tidak ada yang dirugikan lebih dalam lagi. Sayangnya, Menkominfo juga sudah mengantisipasi hal yang demikian ini. Sehingga tidak salah jika terus menghimbau para penggunba ponsel untuk berhati-hati dan selalu menjaga identitas dengan baik.

Ia juga menambahkan jangan sampai KK dan NIK difotocopy, dicatat maupun difoto kecuali untuk diserahkan kepada instutusi yang berkepentingan. Ahmad M Ramli selaku Ketua BRTI juga mengatakan bahwa gerai maupun outlet harusnya lebih bijak sana dan jangan sampai menggunakan NIK dan KK milik orang lain hanya untuk proses registrasi secara sepihak. Ia lantas juga menyebutkan bahwa harusnya operator juga langsung bertindak dengan cara memblokir nomor yang terindikasi mempraktekkan penyalahgunaan NIK dan juga KK tersebut.

Jadi, kamu yang mengetahui ada kabar data pribadi registrasi SIM Card bocor, tenang dan juga jangan khawatir. Karena masalah ini memang sudah ditindak lanjuti oleh oknum yang bertugas dibidangnya. Dan kita sebagai masyarakat juga berharap agar dalang dari tindakan yang tidak terpuji ini juga segera ditemukan. Pastinya agar masyarakat bisa lebih tenang dan juga tidak berfikir hal-hal yang negatif mengenai Pemerintah dan sebagainya. Sekian berita mengenai kabar data pribadi registasi yang bocor ini. Semoga bermanfaat dan jangan sampai Anda terjebak pada lubang dari skema penipuan ini.

 

Ini Tindakan Yang Harus Dilakukan Ponsel Yang Mengetahui Data Pribadi Registrasi Sim Card Bocor | admin | 4.5