Ingin Root Smartphone? Simak Dulu Beberapa Resiko Yang Mungkin Akan Kamu Alami Ini

By On Sunday, February 25th, 2018 Categories : News, Smartphone, Tips

Pada dasarnya, melakukan rooting pada ponsel maupun tablet memberi dampak negatif dan juga positif. Untuk dampak positifnya, setiap penggunanya mempunyai akses atau kendali penuh atas semua sistem yang dimiliki oleh smartphone android. Walaupun demikian, akses sistem yang dikendalikan secara penuh ini juga bisa menyebabkan hal yang kurang baik. Dimana, bisa saja disalahgunakan oleh oknum tertentu yang kurang bertanggung jawab jika kamu tidak hati-hati ketika menggunakan smartphonemu itu sendiri. Secara sekilas, memang tak bisa dipungkiri bahwa android dirancang dengan sedemikian rupa sehingga menyulitkan untuk memecahkan beragam hal yang sebenarnya sudah masuk pada ranah profil dari masing-masing pengguna itu sendiri.

Ya, dimana dengan kondisi smartphone yang sudah di root, maka secara otomatis mode ini langsung menghapus berbagai file sistem dan juga kemungkinanpemasangan aplikasi yang salah maupun perubahan yang dialami oleh sebuah file sistem. Tak hanya itu, security model android saat itu juga dikompromikan hingga tingkatan tertentu. Hal ini disebabkan karena aplikasi root sendiri mempunyai akses yang lebih banyak menuju ke sistem smartphone yang Anda gunakan saat itu. Dan tak hanya itu, aplikasi jahat yang sebelumnya sudah diroot pada telepon juga akan mengakses banyak sekali data nantinya. Karena alasan inilah, sebagai seorang pengguna, Anda dituntut untuk harus lebih berhati-hati saat menginstall berbagai aplikasi yang akan dipasang.

Resiko Tidak Diperbolehkan Untuk Root Smartphone

Mengingat karena alasan inilah, tidak salah jika google secara resmi memang tak akan mendukung berbagai perangkat yang terlebih dahulu sudah kena rooting. Bahkan sekarang juga sudah ada API yang dikenal dengan nama SafetyNet yang bisa dihubungi oleh pihak aplikasi agar bisa lebih memastikan jika sebuah perangkat belum dimodifikasi maupun dirusak oleh peretas. Beberapa aplikasi yang secara khusus menangani data sensitif sendiri juga akan melakukan yang namanya pengcekan ini dan akan langsung menolak apabila perangkat sudah kena rooting. Salah satu yang paling menonjol disini adalah android pay. Dimana, aplikasi ini secara khusus memang tak akan bisa dipakai untuk perangkat yang gagal pada pemeriksaan SafetyNet itu sendiri.

Jadi, apabila kehilangan akses didalam sebuah aplikasi dengan tingkatan keamanan yang tinggi adalah masalah yang sangat besar bagi Anda. Karena alasan ini, disarankan untuk tidak melakukan rooting terlebih dahulu agar tidak membuatmu rugi sendiri nantinya. Pada dasarnya, metode yang diterapkand alam rooting smartphone memang sangat ribet dan memiliki arus yang sedikit berbahaya memang. Dimana, Anda mungkin juga bisa merusak perangkat dengan mudah hanya ketika akan melakukan rooting itu sendiri. Dan yang pasti secara teknis, setiap pengguna smartphone yang sudah melakukan rooting memang akan kehilangan garansi pada perangkat yang sudah ia miliki tadi.

Nah, khusus kamu yang sudah melakukan rooting, beberapa perusahaan memang menyediakan layanan perbaikan pada ponsel yang sudah kena rooting karena rusak. Namun ditekankan bahwa proses yang seperti ini memang tidak bisa menjadi sebuah jika nanti rooting ini berhasil nantinya. Contoh, pada android 5.0 lollipop , pembaharuan sistem hanya akan bisa dilakukan pada perangkat tanopa adanya stok. Hal ini disebabkan karena memang ada sebuah perubahan khusus pada perangkat android dengan proses file OTA itu sendiri. Bagaimana, masihkan kamu akan melakukan rooting ketika memahami berbagai resiko yang nanti akan kamu dapatkan ini? Mohon melakukan jal dengan bijak.

Ingin Root Smartphone? Simak Dulu Beberapa Resiko Yang Mungkin Akan Kamu Alami Ini | admin | 4.5