Cara Mengunci Folder di Laptop

By On Friday, December 15th, 2017 Categories : KOMPUTER, LAPTOP, Tips

Cara Mengunci Folder di Laptop – Privasi atau rahasia sebuah file maupun folder bagi sebagian orang memang di rasa perlu karena di anggap sebagai sebuah rahasia dan hanya orang – orang tertentu yang boleh membacanya. File maupun folder ini biasanya banyak tersimpan di laptop atau komputer yang sering kita gunakan untuk bekerja. Laptop / komputer yang di gunakan untuk menyembunyikan folder pada umum nya saat ini memiliki sistem operasi windows terbaru, bisa jadi versi windows 7, windows 8 atau windows 8.1 bahkan windows 10 yang terabru di rilis.

Cara mengunci folder di laptop windows ini bisa di lakukan tanpa menggunakan software atau aplikasi tertentu. Hanya membutuhkan bantuan script saja yang nanti di bawah ini bisa anda gunakan serta panduan cara mengunci folder nya. Ok, sebelum mengunci folder yang ingin anda lindungi / sembunyikan, jangan lupa untuk mempersiapkan atau menyimpan passwordnya. Hal ini karena untuk mengantisipasi jika terjadi sesuatu, misalnya anda sedang keluar rumah / kantor, sedangkan teman anda membutuhkan file mendadak. Itu lah pentingnya anda menyimpan password pada notepad.

cara mengunci folder

cara mengunci folder

Mengunci folder di windows 7 / 8 /8.1 / 10 dapat anda lakukan dengan beberapa langkah mudah. Karena mengunci folder dan file melalui windows ini merupakan fungsi bawaan windows. Selain dengan menggunakan cara yang akan kami ulas di bawah ini, anda bisa menggunakan aplikasi / software tentu nya yang akan anda gunakan untuk mengunci folder rahasia anda. Namun, kami hanya akan mengulas fungsi bawaan dari windows saja. Jadi ikuti tips nya ya cara mengunci folder di laptop / komputer windows ini dengan seksama agar berhasil 100 %.

Cara Mengunci Folder di Laptop / Komputer Windows 7/8/10 Beserta Gambarnya

Trik untuk mengunci folder di laptop ini kami coba terapkan pada sistem operasi windows 8.1 dan berhasil 100% work, tidak menutup kemungkinan dengan windows di bawahnya atau di atas nya juga berhasil. Paling hanya berbeda tampilan saja dan beberapa fiturnya, trik ini berdasarkan sumber di internet, begini lah mengenai langkah – langkah yang harus di lakukan :

  1. Langkah pertama , buat lah sebuah folder baru khusus yang berisi file penting atau rahasia. Klik New Folder – Ketikan nama folder misal : Tugas Kuliah

    buat folder baru

    buat folder baru

  2. Langkah kedua , jika langkah di atas telah berhasil, klik sebanyak 2 kali folder tugas kuliah – buka notepad. Copy dan paste kode bawah ini pada notepad yang anda buka.

    cls
    @ECHO OFF
    title Folder Private
    if EXIST “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” goto UNLOCK
    if NOT EXIST Private goto MDLOCKER
    :CONFIRM
    echo Are you sure you want to lock the folder(Y/N)
    set/p “cho=>”
    if %cho%==Y goto LOCK
    if %cho%==y goto LOCK
    if %cho%==n goto END
    if %cho%==N goto END
    echo Invalid choice.
    goto CONFIRM
    :LOCK
    ren Private “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
    attrib +h +s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
    echo Folder locked
    goto End
    :UNLOCK
    echo Enter password to unlock folder
    set/p “pass=>”
    if NOT %pass%== isi pasword disini bos goto FAIL
    attrib -h -s “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}”
    ren “Control Panel.{21EC2020-3AEA-1069-A2DD-08002B30309D}” Private
    echo Folder Unlocked successfully
    goto End
    :FAIL
    echo Invalid password
    goto end
    :MDLOCKER
    md Private
    echo Private created successfully
    goto End
    :End

  3. Langkah ketiga, tulisan pada code di atas ‘isi password disini bos‘ gantilah dengan password yang kalian inginkan untuk mengunci file folder anda.
  4. Langkah keempat, klik file pada notepad lalu save, ketikan nama file menjadi locker.bat
  5. Langkah kelima, lihatlah pada folder Tugas Kuliah sudah ada file hasil notepad bernama file locker berekstensi windows batch file.
  6. Langkah keenam, klik 2 kali file locker – jika diminta untuk mengisi password, maka ketikanlah password yang tadi anda tulis, setelah itu akan muncul folder Private.
  7. Langkah ketujuh, pilih file – file folder yang akan anda sembunyikan atau hidden protect. Pindahkan ke folder private.
  8. Langkah kedelapan, setelah merasa semua folder rahasia dan penting sudah berada dalam folder private, maka kunci folder private. Klik 2 kali file locker – ketik y – kemudian tekan enter.
  9. Langkah kesembilan, folder private secara otomatis akan tersembunyi atau hidden. Jika anda ingin membuka atau menampilkan file private, maka klik 2 kali file locker – masukkan password anda. Hasilnya folder private akan muncul kembali bersama file-file rahasia anda.
  10. Langkah kesepuluh, alhamdulillah dengan ini cara mengunci folder di laptop berhasil 100%.

Note : Jangan sampai anda lupa dengan password anda, oleh karena itu simpan password anda dan ingat baik – baik. Demikian mengenai ulasan artikel tentang cara tadi. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Cara Mengunci Folder di Laptop | gadget hunter | 4.5