Cara Mengamankan Informasi Pribadi di Internet

Dalam menggunkan jaringan internet, pastinya kita tidak sadar tentang akan apa yang terjadi ketika menggunaknnya. Akan tetapi internet sudah menjadi konsumsi bagi masyarakat, khususnya di Indonesia dalam bersosial media atau mencari sumber-sumber tertentu dari dalamnya.

Namun semakin hari banyak dari kita yang tidak sadar bahwa internet juga mempunyai banyak resiko. Salah satu diantaranya yakni data pribadi yang ada di dalam internet bakal terkena serangan siber (cyber). Intan Rahayu selaku Subdit Budaya Keamanan Informasi Kominfo, memberikan tips dalam berselancar di internet, simak dengan seksama tipsnya :

  1. Gunakan anti virus

 

Dalam menggunakan sebuah anti virus secara update baik di smartphone atau di PC merupakan salah satu perlindungan yang paling dasar. Hal tersebut bakal memperkaya basis data model virus yang terbaru. Walaupun hal tersebut kurang baik pada virus jenis metamorphic yang dapat mengubah kodenya sendiri.

  1. Mengamanakan username dan pasword

Salah satu serangan ke username dan password di internet ialah serangan dari Mirai Botnet. Serangan tersebut merupakan salah satu contoh pada manajemen username serta pasword saat salah, hal ini dapat mengakibatkan ratusan ribu perangkat internet IoT akan terkena Botent.

  1. Gunakan https

Pada saat menggunakan akses jaringan internet dan memasukkan informasi tentang data pribadi anda atau kartu kredit pada sebuah halaman, maka anda perlu mengaksesnya melalui https.

  1. Jangan buka pesan yang tidak jelas

Pada saat anda mempunyai pesan baru, baik itu di email atau di sebuah website ketika menggunakan internet dan tidak jelas pengirimnya, maka jangan pernah membukan pesan tersebut atau attachmentnya.

  1. Gunakan VPN

 

Ketika kita mengguankan sebuah internet atau hotspot gratisan, kemudian tidak ingin koneksi kita terekam oleh siapapun, maka kita harus menggunakan fitur VPN.

  1. Hati-hati dengan data anda

Ketika menyebarkan sebuah informasi atau data pribadi di sosial media, maka anda perlu berhati-hati. Selalu lindungi data pribsadi anda serta krredensial anda. Hal tersebut dapat anda lakukan dengan memeberi kebutuhan dan tidak menyimpan data anda internet.

  1. Lakukan backup data

Ketika menyimpan informasi pribadi, maka sering-seringlah anda melakukan backup data dan juga update keamanan. Sehingga hal tersebut bisa mengurangi resiko dari serangan siber (cyber).

  1. Aplikasi yang jelas

Ketika anda menginstall dan menggunakan sebuah aplikasi, maka pastikan aplikasi tersebut bersumber jelas dan juga bisa dipercaya. Selain itu, anda harus hati-hati dengan aplikasi freeware ataupun shareware yang mana aplikasi tersebut berasal dari sumber yang tidak jelas.

  1. Batasi aplikasi

Pada saat menggunakan sebuah aplikasi, maka anda harus menggunakan aplikasi tersebut sesuai dengan kebutuhan kita.