Cara Memperbaiki Kamera Tidak Bisa Hidup Atau Mati Total

By On Monday, March 5th, 2018 Categories : KAMERA

Cara Memperbaiki Kamera Tidak Bisa Hidup Atau Mati Total – Apa yang anda lakukan ketika kamera Dslr yang anda gunakan mengalami mati total? Tentu saja pada awalnya anda panik. Namun anda tetap harus bersikap tenang. Sebab ada cara paling mudah untuk memperbaiki kamera dslr yang tidak bisa hidup atau mati total.

Sebenarnya, ada sejumlah penyebab kerusakan yang membuat sebuah kamera dslr mengalami mati total atau tak bisa hidup. Kerusakan berat yang sangat fatal sampai kerusakan ringan. Misalkan kerusakan pada bagian komponen utama, kerusakan pada konektor arus, kerusakan pada kartu memori dan kerusakan pada baterai. Silahkan anda cek satu persatu untuk melihat dimana terjadinya kerusakan pada kamera dlsr anda yang menyebabkan mati total.

Cara Memperbaiki Kamera Tidak Bisa Hidup Atau Mati Total

Cara Memperbaiki Kamera Tidak Bisa Hidup Atau Mati Total

Bagi seorang fotografer profesional yang namanya kamera dslr mati mendadak pasti pernah dialaminya. Sungguh sangat menjengkelkan apabila saat itu dibutuhkan sekali kamera dslr untuk memotret obyek pada suatu acara seperti pesta pernikahan. Cara untuk memperbaiki kamera yang tidak bisa hidup atau mati total dapat dilakukan dengan mudah.

Cara Memperbaiki Kamera Tidak Bisa Hidup Atau Mati Total

Langkah untuk memperbaiki kamera yang tidak bisa hidup atau mati total dimulai dari mengingat penggunaan kamera sebelumnya. Apakah kamera pernah terjatuh, kamera digunakan untuk kegiatan apa sebelumnya dan lain sebagainya. Dan mengetahui cara demikian maka kita akan mampu mengetahui bagaimana cara mengatasinya dengan baik dan benar.

Penyebab kamera mengalami masalah tidak dapat hidup atau mati total bisa diakibatkan oleh baterai yang terlalu panas hingga mengakibatkan konsletting. Untuk mengatasinya, lepas semua baterai pada kamera. Jangan biarkan panas berlebihan terus berlangsung pada bodi kamera dslr yang bisa merembet pada kerusakan IC yang lebih parah.

Setelah bodi kamera dibuka maka anda harus mencari dimana letak terjadinya konsletting. Coba cek satu persatu komponen menggunakan avometer. Carilah dimana terjadinya posisi konslet. Setelah ditemukan maka anda bisa memperbaikinya dengan tenang dan penuh kehatian. Cara ini tentu saja membutuhkan sedikit keterampilan dalam bidang elektronika.

Cara Memperbaiki Kamera Tidak Bisa Hidup Atau Mati Total

Cara Memperbaiki Kamera Tidak Bisa Hidup Atau Mati Total

Bagi anda yang belum mempunyai keahlian dalam bidang elektro maka sobat  jangan pernah membongkar dan memperbaiki kamera dslr yang tidak bisa hidup oleh sendiri. Karena bisa menambah kerusakan pada kamera. Alangkah lebih baik, sobat memperbaiki kamera dslr yang mati total kepada tempat service resmi kamera yang terpercaya di dekat tempat tinggal anda.

 

Namun apabila setelah dicek kondisi bodi kamera tidak panas. Berarti tidak terjadi konsletting. Anda bisa mencoba mengecek kondisi baterai masih bagus atau tidak dengan cara melakukan pengujian memakai avometer atau menggunakan baterai tersebut di kamera lain atau pengecasan ulang. Jika baterai masih bisa dicas dan dalam kondisi baik, selanjutnya anda bisa membersihkan konektor baterai supaya aliran arus baterai dapat terhubung dengan kamera dslr secara baik.

Demikianlah cara memperbaiki kamera tidak bisa hidup atau mati total. Semoga bermanfaat bagi para pembaca sekalian.

Cara Memperbaiki Kamera Tidak Bisa Hidup Atau Mati Total | gadget hunter | 4.5