Cara Memindahkan Aplikasi Android Dari Memori Internal Ke Micro SD

By On Friday, January 19th, 2018 Categories : Tips

Cara Memindahkan Aplikasi Android Dari Memori Internal Ke Micro SD – Ponsel jenis android menjadi sebuah hp fenomenal yang mampu mengalahkan smartphone sistem lainnya. Hal ini tak terlepas dari banyak keunggulan ponsel ini dibanding ponsel lain. Seperti fitur lengkap. Sehingga penggemar hape android dari tahun ke tahun meningkat pesat. Bahkan mayoritas pengguna handphone saat ini menggunakan hp android terutama kalangan kawula muda. Namun dibalik kelebihan ada sejumlah kekurangan hp android. Salah satunya ada beberapa hp android yang memiliki memori internal yang kecil. Biasanya ini hp android type lama dengan harga murah.

Cara Memindahkan Aplikasi Android Dari Memori Internal Ke Micro SD

Cara Memindahkan Aplikasi Android Dari Memori Internal Ke Micro SD

Salah satu hal yang paling menjengkelkan adalah ketika aplikasi gratis yang hendak didownload di google playstore tidak bisa didownload secara sempurna. Dengan alasan memori tidak mencukupi. Hal ini berarti ruang penyimpanan memori internal sudah penuh sehingga mempunyai ruang memori yang kecil. Sehingga tidak bisa mendownload aplikasi baru dengan ukuran memori yang lebih besar. Kalau hal ini terjadi apa yang harus anda lakukan?

Cara Memindahkan Aplikasi Android Dari Memori Internal Ke Micro SD

Ada dua cara yang bisa dilakukan, yaitu:

  1. Cara yang pertama adalah :
    Menghapus aplikasi atau file yang tidak berguna di memori internal. Sehingga kapasitas memori internal menjadi lebih besar. Selanjutnya bisa mendownload aplikasi baru. Namun jika semua aplikasi penting dan dibutuhkan maka sangat sulit untuk menghapusnya. Sehingga anda tidak bisa download aplikasi baru. Contohnya aplikasi Whatsapp membutuhkan kapasitas memori 52 MB.

  2. Cara yang kedua adalah :
    Anda tidak menghapus aplikasi di dalam ponsel android sama sekali. Tapi memindahkan aplikasi-aplikasi tersebut ke memori eksternal seperti kartu SD. Sehingga memori internal menjadi lebih besar. Lalu anda bisa melakukan pengaturan dengan menjadikan SD card sebagai ruang penyimpanan default menggantikan memori internal. Mengingat memori SD card kapasitasnya lebih besar ketimbang memori internal hingga ada yang mencapai 128 GB.

Maka setelah melihat cara di atas, bagi anda yang ingin memaksimalkan kinerja ponsel android bisa mengambil langkah kedua yaitu memindahkan aplikasi ke dalam memori eksternal SD card dengan kapasitas memori sangat besar dari memori internal. Sehingga anda bisa mendownload berbagai aplikasi baru secara bebas sebanyak mungkin sebab memiliki modal ruang penyimpanan internal yang sangat besar.

Perlu diketahui, hal ini diperlukan mengingat kapasitas memori internal sangat terbatas. Untuk ponsel android golongan kecil mempunyai memori internal sekitar 512 MB. Memori internal sebesar itu tidak cukup mendownload semua aplikasi. Memori internal sebesar itu hanya cukup mendownload 7 hingga 8 aplikasi. Mengingat aplikasi saat ini sudah ukuran besar. Seperti Whatsapp memerlukan memori internal hingga 58 MB lebih.

Seiring dengan hadirnya ponsel terbaru kini hampir semuanya dilengkapi memori internal yang cukup besar sekitar 4 GB dan 8 GB. Namun memori internal sebesar itu masih tidak mencukupi untuk menyimpan dan mendownload berbagai aplikasi dan game terbaru yang semakin banyak jumlahnya. Oleh sebab itu, tetap saja anda harus mensiasati dengan cara memindahkan berbagai aplikasi di memori internal ke micro SD.

Cara Memindahkan Aplikasi Android Dari Memori Internal Ke Micro SD

Ada dua cara memindahkan aplikasi android dari memori internal ke kartu SD. Pertama cara manual. Dan kedua cara dengan menggunakan aplikasi. Nanun yang lebih mudah cara manual seperti berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke dalam menu. Lalu pilih setting atau pengaturan atau setelan
  2. Cari pilihan apps. Klik aplikasi atau apps. Akan tampak daftar aplikasi dalam memori internal
  3. Kemudian pilih aplikasi android yang ingin sobat pindahkan ke SD Card. Lalu klik menu Pindahkan ke kartu SD.

Cara ini berlaku bagi sebagian aplikasi android. Tapi  ada beberapa aplikasi android yang tidak bisa dipindahkan dengan cara ini.

Cara Memindahkan Aplikasi Android Dari Memori Internal Ke Micro SD | gadget hunter | 4.5