Cara Memilih Hardisk Eksternal yang Bagus Wajib Anda Tahu

GadgetHunter.Net – Seperti yang kita tahu bersama bahwa kebutuhan terhadap hardisk drive atau HDD eksternal ini bagi pengguna laptop makin hari kian meningkat. Hal ini pastinya didalangi oleh makin terbatasnya kapasitas hardisk internal di dalam laptop yang dimilikinya. Terlebih lagi hardisk di dalam laptop juga jauh lebih sulit diganti jika dibandingkan hardisk untuk PC atau komputer. Tetapi, memilih hardisk eksternal yang bagus ternyata bukan hal yang mudah, sebab Anda di sini harus benar – benar memperhatikan kualitasnya supaya hardisk yang Anda pilih tidak mudah rusak. Lantas, kira – kira hal apa saja sih yang harus Anda perhatikan pada saat memilih sebuah hardisk eksternal yang bagus? Berikut ini ada beberapa cara memilih hardisk eksternal yang bagus dan mudahnya yang bisa Anda coba untuk bisa mendapatkan hardisk eksternal sesuai keinginan dan kebutuhan Anda.

Cara Memilih Hardisk Eksteral yang Bagus Wajib Anda Tahu
Cara Memilih Hardisk Eksteral yang Bagus Wajib Anda Tahu

Cara Memilih Hardisk Eksternal yang Bagus Wajib Anda Tahu

Operasi sistem

Operasi sistem OS X dan Windows ini menggunakan file sistem yang berbeda (HFS+ dan NTFS), sehingga yang demikian tersebut menjadikan banyak manufaktur juga membuat HDD eksternal khusus untuk kedua platfrom tersebut. Meskipun OS X bisa membaca file pada hardisk yang berformat NTFS, akan tetapi pada kenyataanya Anda tidak bisa mengedit atau pun menulis di dalamnya. Oleh sebab itu, pastikan pada operasi sistem hardisk yang akan digunakan tersebut.

Kapasitas

Untuk bisa mengetahui berapa kapasitas hardisk yang Anda butuhkan, silakan Anda coba menggunakan perhitungan mudah ini. Misalnya saja sebuah hardisk berkapasitas 500GB akan digunakan untuk menampung sekitar 100 ribu foto yang diambil menggunakan kamera 6MP dan 125 ribu lagi berkualitas MP3 128Kbps. Foto serta musik dengan kualitas tinggi pastinya butuh kapasitas yang lebih besar. Dari perkiraan tersebut Anda harus bisa perhitungkan berapa kapasitas yang akan Anda butuhkan, sehingga Anda tidak membeli hardisk berkapasitas rendah dari kebutuhan. Tapi, apabila Anda memiliki uang lebih, maka sangat disarankan sekali agar Anda membeli hardisk eksternal dengan kapasitas yang lebih besar.

Kecepatan rotasi

Selain itu perhatikan juga kecepatan rotasi dari piringan hardisk, sebab yang demikian ini sangat mempengaruhi kecepatan dalam menulis atau pun membaca datanya. Perlu Anda tahu bahwa sebuah hardisk yang berputar di kecepatan 7.200 RPM ini akan menawarkan performa yang jauh lebih baik daripada hardisk 5.400 RPM. Bahkan ada beberapa hardisk terbaru saat ini yang sudah bisa berputar pada kecepatan 10.000 RPM.

Konektifitas

Apabila kapasitas dan kecepatan hardisk yang Anda diinginkan sudah ditentukan, sekarang saatnya menentukan bagaimana hardisk tersambung ke PC atau komputer. Sekarang ini kebanyakan hardisk sudah menggunakan port USB untuk bisa tersambung ke PC atau komputer, yang terdiri dari USB versi 3.0 dan USB versi 2.0. untuk USB versi 3.0 sendiri bisa hadirkan kecepatan hingga 5Gbs yang pastinya jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan USB versi 2.0 sebesar 480Mbps. Salah satu hal yang paling menarik dari USB versi 3.0 ini tetap bisa digunakan pada PC atau komputer yang hanya mempunyai port USB versi 2.0.

Fitur

Terakhir adalah dengan memperhatikan bagian fitur yang dibawanya. Beberapa fitur yang harus ada pada sebuah hardisk ini adalah backup dan passowrd protection. Ada juga berbagai macam fitur lainnya yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Nah, itulah tadi beberapa cara memilih hardisk eksternal yang bagus . Jadi, buat Anda yang berencana untuk membeli hardisk eksternal baru silakan perhatikan beberapa hal di atas agar Anda tidak salah dalam memilih hardisk yang sesuai dengan kebutuhan Anda.