Cara Agar Smartphone Tidak Meledak, Jangan Lakukan Hal Berbahaya Ini

By On Wednesday, February 28th, 2018 Categories : News, Smartphone, Tips

Smartphone yang meledak, akhir-akhir ini menjadi sebuah kasus yang sering terjadi diberbagai negara di dunia. Penyebab meledaknya smartphone ini juga berbeda-beda untuk masing-masing kasus. Ada yang disebabkan karena kesalahan yang fatal oleh para penggunanya sendiri ataupun karena kegagalan atau kecacatan produksi produk yang bersangkutan. Namun, jika diprosentase penyebab kasus ini muncul, faktor kelalaian penggunanyalah yang kerap dijadikan sebagai faktor utama meledaknya smartphone tersebut. Contohnya, belum lama ini kita mendengar bahwa ponsel meledak milik bocah lelaki asal Tiongkong. Akibat ledakan ini, bocah tersebut mengalami luka yang cukup serius.

Seperti berita yang dilansir oleh DailyMail pada Minggu 11 Februari 2018 lalu, bocah yang terkena ledakan ini akhirnya kehilangan satu jari kelingking dan juga mengalami luka yang cukup serius pada bagian matanya. Belajar dari pengalaman ini, sebenarnya ada banyak cara yang bisa dilakukan para penggunanya agar bisa terhindar kondisi yang begitu menakutkan ini. Ya, meledaknya ponsel ini tentu akan sangat merugikan pribadi pengguna tersebut dan masyarakat yang ada disekitarnya. Contohnya adalah kehilangan nyawa ataupun kebakaran yang tentu merugikan masyarakat umum. Lantas, apa yang seharusnya kita lakukan agar masalah ini tidak terjadi pada pengguna smartphone lain?

Cara Agar Smartphone Tidak Meledak

Pertama, sebagai penggunanya, kamu jangan selalu mengabaikan data baterai miliki ponselmu. Hal yang kerap terjadi dikalangan pengguna smartphone sendiri adalah sering lalai atau melupakan baterai smartphone yang ia miliki. Ini disebabkan karena daya baterainya cukup besar atau sebagainya yang akhirnya bisa digunakan dalam jangka panjang atau dalam waktu yang lama. Namun perlu kamu ketahui bahwa hal yang seperti ini ternyata salah kaprah dan harus kamu hindari mulai dari sekarang. Perlakuan baterai yang penggunanya lakukan secara semena-mena ternyata bukan masuk kedalam hal yang bijak. Ini disebabkan karena pada dasarnya baterai dibuat sesuai mekanisme dan ukuran tertentu.

Contoh sederhananya adalah smartphone tidak akan bisa bekerja dengan baik apabila daya smartphone yang tersisa adalah kurang dari 60% atau sebagainya. Walaupun mungkin pada dasarnya, smartphone ini masih bisa menopang segala aktivitas yang dilakukan penggunanya walaupun baterainya hanya tinggal sedikit saja. Perlu diketahui bahwa mengisi baterai ketika baterai smartphone sudah hampir habis memberi dampak yang buruk dan cukup beresiko. Sebab baterai akan berkurang usia pakai yang signifikan apabila kebiasaan ini kamu teruskan. Ada baiknya mencharger smartphone apabila baterai sudah mencapai 60%. Jika tidak memungkinkan, jangan sampai baru mengisi daya baterai smartphone ketika baterai tadi hanya menyisahkan 40% saja.

Ada baiknya, kamu terlalu sering mengisi baterai smartphone dibandingkan terlalu lama ketika mengisi baterai smartphone. Selanjutnya, jangan membeli produk smartphone yang abal-abal alias bajakan. Apabila baterai sudah mengalami berbagai masalah, ada baiknya langsung mengambil inisiatif untuk melakukan pemeriksaan sesegera mungkin. Apabila baterai masih bagus namun tetap terjadi masalah, patut dicurigai kualitas perangkat charger yang kamu miliki. Apabila charger yang kamu miliki ternyata mengalami kerusakan, ada baiknya segera melakukan pergantian charger agar tidak memberi efek buruk bagi smartphone.

Selanjutnya, kamu juga harus selalu memperhatikan bagaimana letak dari perangkat pengecasan itu sendiri. Ini akan menjadi hal yang sangat penting yang harus kamu ketahui. Pasalnya, jika kamu terlalu sering mengabaikan tempat pengecesan yang berpotensi untuk membahayakan ponsel yang kamu miliki, maka yang paling dirugikan adalah penggunanya sendiri. Contoh, ketika mencharger jangan terlalu berdekatan dengan benda yang bisa menghantarkan gelombang ataupun arus listrik.

Cara Agar Smartphone Tidak Meledak, Jangan Lakukan Hal Berbahaya Ini | admin | 4.5